Artikel

Langkah-Langkah Persiapan Buat Calon Jamaah Haji 2015

Haji 2015Bagi anda calon jamaah haji pada umumnya khususnya calon jamaah haji tahun 2015 yang sudah mendekati waktu pemberangkatan, berikut imbauan dan nasehat dari Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Pusat yang juga dosen Pascasarjana Universitas Islam Jakarta (UIJ), Dr KH Hamdan Rasyid MA yang disadur dari situs Repubika.co.id
Lebih lanjut beliau mengingatkan para calon jamaah haji Indonesia untuk mempersiapkan beberapa langkah sebelum berangkat ke Tanah Suci diantaranya :

Langkah Pertama
Langkah pertama yang harus dipersiapkan para calon jamaah haji adalah keikhlasan dalam melaksanakan ibadah haji. Karena ibadah haji sangat menekankan keikhlasan kata Pimpinan Pondok Pesantren Baitul Hikmah – Curug- Sawangan -Depok ini.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Albaqarah ayat 196 yang artinya, ”Laksanakan ibadah haji dan umrah dengan sempurna, semata-mata karena Allah SWT,”

Langkah Kedua
Yang tak kalah pentingnya yang perlu dipersiapkan adalah mental, ini lebih ditujukan agar menghindari sikap rafats, fusuk dan jidal. Rafats adalah segala bentuk ucapan, perbuatan dan pikiran kotor. Fusuk adalah melanggar ketentuan-ketentuan dalam ibadah haji sedangkan jidal adalah berbantah-bantahan apalagi berkelahi.

Khusus untuk masalah Jidal,Pak Kyia yang juga pembimbing haji Maktour ini, mengatakan bahwa kemungkinan terjadinya jidal atau berbantah-bantahan di Tanah Suci sangat mungkin terjadi. Mengapa ini bisa sangat mudah meletup? . Ini bisa jadi disebabkan oleh faktor padatnya jamaah, dalam suhu yang panas, kondisi yang lelah dan lapar sehingga mudah tersulut emosi, ditambah budaya dan tradisi serta bahasa yang beragam.

Langkah Ketiga
Sedangkan langkah ketiga yang harus dipersiapkan adalah mengikuti manasik haji agar ibadah haji dilaksanakan sesuai dengan petunjuk Rasulullah SAW.
‘Ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya, ”Ambillah tatacara ibadah hajiku untuk kalian praktikkan,”

Menurut Kyai Hamdan, ibadah haji itu sudah ada pakemnya, karena itu tidak boleh seorang calon jamaah haji melakukan improvisasi ibadah haji.Dalam manasik haji tidak hanya menekankan tatacara ibadah haji dari segi fikih, tapi perlu difahami juga aspek lainnya, seperti akidah, tasawufnya dan filosofinya, supaya bisa menghati ritual ibadah haji, karena ibadah haji penuh dengan simbul-simbul yang perlu difahami dengan benar.

Dan Yang paling penting yang dianjurkan oleh Pak Kyai ini yaitu agar sebelum berangkat ke Tanah Suci, para calon jamaah haji melakukan taubatan nasuha yaitu dengan cara menghentikan perbuatan maksiat, menyesali perbuatan maksiat dan bertekad tidak akan mengulangi dosa-dosa yang telah lalu. Dan juga sangat dianjurkan untuk melakukan permintaan maaf kepada orang tua, saudara, tetangga, handai tolan dan para relasi.

Bahkan kalau perlu dilakukan walimatussafar,Dengan kegiatan walimatussafar, diharapkan akan memotivasi orang-orang yang belum menunaikan ibadah haji, agar segera bisa berangkat ke Tanah Suci apalagi secara ekonomi sudah mampu. Selain itu akan terjalin silaturahim dan saling memaafakan serta saling mendoakn,sehingga akan membuat calon jamah haji merasa tenang dan nyaman di Tanah Air.

Demikian sedikit Tips sebelum berangkat haji bagi calon jamaah haji,semoga bermanfaat dan memberikan kita kemudahan untuk beribadah kelak.amin


No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Comment

 

— required *

— required *