Artikel

Hal – Hal yang Mewajibkan Haji

syarat-syarat hajiIbadah haji merupakan rukun Islam yang kelima yang diwajibkan bagi umat islam yang telah memenuhi syarat wajibnya untuk berhaji yang akan dijelaskan lebih lanjut.

Menunaikan ibadah haji adalah sesuatu yang amat dirindukan oleh setiap umat Islam, bahkan oleh yang telah menunaikannya berkali-kali sekalipun. Karena itu, bagi yang dimudahkan Allah untuk bisa menunaikan ibadah haji agar menggunakan kesempatan emas itu dengan sebaik-baiknya. Sebab, belum tentu kesempatan menunaikan ibadah haji itu datang kembali.

Agar bisa beribadah haji dengan sebaik-baiknya, sekhusyu’ – khusyu’nya dan menjadi haji mabrur, di samping harus ikhlas kita harus memiliki ilmu yang cukup seputar bagaimana menjalankan ibadah haji sesuai dengan tuntunan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. In syaa Allah tulisan-tulisan kedepannya akan mengulas tentang segala hal yang berhubungan dengan haji dan Umrah.jadi tetap pantau selalu web hajimabrurbarokah.com  ya !

Kita mulai dengan :

Hal-hal yang mewajibkan haji

Adapun hal-hal yang menjadi syarat seseorang sudah wajib haji adalah sebagai berikut :

1. Islam

2. Berakal

3. Baliqh

4. Merdeka

5. Mampu : meliputi kemampuan materi dan fisik. Barangsiapa tidak mampu dengan hartanya untuk memenuhi biaya perjalanan, nafkah haji dan sejenisnya maka ia tidak berkewajiban haji. Adapun orang yang mampu secara materil, tetapi tidak mampu secara fisik dan jauh harapan sembuhnya, seperti orang yang sakit menahun, orang yang cacat atau tua renta maka ia harus mewakilkan hajinya kepada orang lain. Dan disyaratkan orang yang mewakilinya sudah haji untuk dirinya sendiri.

6. Dan bagi perempuan ditambah dengan satu syarat yaitu adanya mahram yang pergi bersamanya. Sebab haram hukumnya jika ia pergi haji atau safar (bepergian) lainnya tanpa mahram, berdasarkan sabda Nabi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Tidak (dibenarkan seorang) wanita bepergian kecuali dengan mahramnya.” (Muttafaq Alaih). Jika seorang wanita pergi haji tanpa mahram maka ia berdosa tetapi hajinya tetap sah. Demikian hal-hal yang menjadikan kita sudah wajib untuk berhaji jika sudah memenuhi kriteria diatas. Semoga Allah memberikan kita kemudahan,kesehatan dan keluwesan rezki untuk menjalankan kewajiban berhaji kita. Amin

Baca juga Tulisan berikutnya : Rukun dan Wajib Haji – Umroh


No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Comment

 

— required *

— required *