Artikel

4 Tips Agar terhindar Penipuan Travel Dengan Tawaran Harga Murah

Jadwal Umroh Makassar Desember 2015 - Mei 2016Berhati hatilah bagi anda yang ingin berangkat umroh dengan harga murah/miring,seperti yang terjadi belakangan ini,berikut beberapa tips yang di ambil dari website merdeka.com,semoga menjadi bahan pelajaran bagi kita :
Kasus travel umroh dan haji ‘nakal’ jamak terjadi. Kementerian Agama dan Kepolisian mencatat setiap tahun ada saja laporan wanprestasi dari biro perjalanan ke Tanah Suci. Mulai dari jamaah batal diberangkatkan ke tanah suci, pelarian uang muka, hingga kasus terbaru ‘penyanderaan’ 49 jamaah oleh hotel di Jeddah karena biro travel tak melunasi ongkos sewa kamar.
Tercatat 49 jamaah umroh yang dipandu Biro Jaya Mandiri Bersama Indonesia (JMBI) asal Bogor, seharusnya pulang ke Tanah Air 14 Mei lalu. Rencana mereka morat-marit setelah paspor seluruh peserta jadi jaminan pelunasan kepada hotel.Para jemaah JMBI akhirnya terpaksa membeli sendiri tiket pesawat yang ditaksir mencapai Rp 7 juta. Sekalipun begitu, mereka berniat menyelesaikan kasus tersebut sesampainya di tanah air.
Masih banyak lagi kisah-kisah mengecewakan yang dilakukan oleh para pengelola travel umroh ini yang bukannya makin berkurang namun makin meningkat dengan berbagai macam masalahnya
Demi menghindari cerita-cerita nahas yang kerap terulang tersebut, perlulah kita memperhatikan beberapa langkah sebelum beribadah ke tanah suci. Apalagi bila perjalanan kita memakai paket umroh yang terlalu murah.
Berikut rangkumannya yang disadur dari web merdeka.com :
1. Waspadai travel atas nama Individu
Seringkali orang yang sudah mengetahui seluk beluk pemberangkatan jemaah ke tanah suci akan menawarkan perjalanan eksklusif.
Orang tersebut lantas meminta uang muka demi mengurus dokumen para jemaah, bila ada indikasi seperti ini, lebih baik berpikirlah dua kali, walau memang harga murah tentu menjadi pertimbangan.
Agen travel ini sangat pandai merayu jamaah agar mau ikut program yang ditawarkan. Mereka mendatangi jamaah langsung ke rumahnya atau melalui telepon. Terkadang mereka datang berdua agar lebih meyakinkan.
Berkaca pada kasus JMBI, menurut sumber merdeka.com, ternyata si penyelenggara umroh bergerak secara individu. Selain itu dia kerap membuat masalah, sehingga masuk daftar hitam di KJRI Jeddah.
2. Perhatikan jadwal berangkat
Menurut investigasi yang dilakukan Merdeka.com pada akhir Maret lalu, beberapa agen biro perjalanan umroh dan haji murah menwarkan harga yang sangat miring.
Namun perlu diperhatikan, keberangkatan yang ditawarkan bukanlah untuk waktu dekat, bisa tahun depan, dua tahun, bahkan lima tahun lagi.
Masalahnya, uang para jemaah harus sesegera mungkin dibayarkan dalam bentuk uang muka. Kemudian uang tersebut diputar oleh para oknum untuk bermain saham atau cara menggandakan lainnya.
Jika waktu antrean berangkat terlalu lama, pikirkan masak-masak memakai jasa biro perjalanan tersebut. Travel resmi dan profesional tidak akan mengulur waktu keberangkatan umroh lebih dari setahun.
3. Perhatikan fasilitas
Umroh murah, sekalipun bukan penipuan bisa berdampak buruk. Pesawaat jamaah umroh murah yang ternyata transit berkali-kali sehingga banyak menyita waktu dan tenaga jamaah. Kemudian penginapan diberikan tempat yang ala kadarnya. Bahkan kapasitas 4 orang pun ternyata diisi 5 orang.
Anda bisa menolak bila apa yang diberikan biro selama di Tanah Suci, berbeda dari yang dijanjikan saat akad di awal.
Bila anda terlanjur tiba di Makkah atau Madinah, cari perbandingan harga layanan-layanan yang anda terima.
Apakah sesuai dengan biaya yang sudah dihabiskan kepada biro tersebut? Bila tidak jangan ragu minta pertanggungjawaban mereka.
Fasilitas ini termasuk kualitas penginapan, tingkat harga maskapai pesawat, dan kenyamanan yang ditawarkan.
4. Izin
Kerap kali kita melupakan hal terpenting setiap bisnis, yaitu perizinan. Sudahkan biro perjalanan yang kita pilih demi menginjakkan kaki di tanah suci punya izin resmi? Atau malah abal-abal?
Periksalah status biro tersebut melalui kementerian agama. Jangan malas untuk mencari tahu testimoni rekam jejak biro melalui jejaring sosial atau internet.
Sekedar gambaran, biro perjalanan bonafid mematok tarif umroh di kisaran Rp 20-30 juta untuk layanan standar.Jadi patutlah curiga bila ada biro yang sanggup memberangkatkan anda ke tanah suci hingga kembali pulang hanya seharga Rp 12 juta. Padahal, tiket sekali jalan Jakarta-Jeddah sudah mencapai Rp 7 juta atau USD 1200 untuk PP
Demikian tips agar terhindar dari penipuan travel umroh yang menawarkan biaya murah diluar dari standard,semoga kita lebih waspada dan lebih mau berusaha mencari travel yang benar-benar memiliki pelayanan yang baik sehingga kita bukan menjadi korbannya


No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Comment

 

— required *

— required *